Nov 24

China Keluarkan Aturan Ketat untuk Batasi Anak Main Gim Video

Salah satu pasar gim terbesar di dunia, China, mengeluarkan sebuah kebijakan baru untuk membatasi permainan gim daring untuk anak-anak di sana, demikian lah yang diumumkan pemerintah China. Pengguna yang usianya di bawah 18 tahun akan dilarang bermain permainan online dari jam 22.00 WIB sampai dengan 08.00. mereka juga dibatasi untuk melakukan permainan daring itu karena hanya 90 menit di hari-hari sekolah dan 3 jam saja di akhir pekan.

Pembatasan Akses Bermain Gim Daring di China

Ini adalah langkah terbaru yang mana diambil oleh pemerintah China guna memberantas kacanduan pada gim daring yang menurut pejabat-pejabat setempat telah merusak kesehatan anak-anak di China. Panduan yang diedarkan oleh pemeritah pada hari Selasa (5/11) ini termasuk batasan dalam belanja gim yang mana bisa dilakukan oleh anak-anak lewat akun milik mereka sendiri.

Pengguna yang usianya 8-16 tahun bisa berbelanja sampai dengan 200 yuan (atau setara dengan Rp. 400.000) per bulan saja. Sedangkan untuk yang berusia 16-18 tahun bisa berbelanja gim sampai 400 Yuan (setara dengan Rp. 800.000) lewat akun gim yang dimilikinya.

Pasalnya China adalah pasar gim kedua terbesar di dunia. China juga dilaporkan terlampaui Amerika Serikat untu pertama kalinya di tahun ini disebabkan adanya peningkatan regulasi industri gim yang ada di negeri itu, begitu lah data dari salah satu lembaga riset bernama Newzoo.

Latar Belakang Pembatasan Gim Video Daring di China

Lantas apa sebenarnya latar belakang dari ini semua? Pasalnya China telah berulang kali mendapatkan dan mengeluhkan dampak buruk dari gim video yang dialami oleh generasi muda. Di tahun 2018 misalnya. Pemerintah pada tahun itu mengumumkan pendirian lembaga regulator gim yang mana sebagai tanggapan dari kekhawatiran dari memburukanya penglihatan anak-anak jaman sekarang. Lembaga ini kemudian membatasi gim daring baru, juga membatasi waktu bermain dan pembatasannya berdasarkan usia.

WHO (World Health Organization), sebagai organisasi kesehatan dunia, memasukkan kecanduan gim video ini sebagai gaming disorder yang masuk ke persoalan kesehatan mental. Panduan terbaru dari American Psychiatry Association belum memasukkannya, dan juga menggolongkan gaming disorder ini sebagai salah satu kondisi yang membutuhkan kajian yang lebih lanjut. Beberapa negara pasalnya telah menggolongkan bermain gim yang berlebihan sebagai persoalan kesehatan masyarakat dan sudah banyak sekali klinik swasta yang menangani kondisi kacanduan gim ini.

Di tahun yang sama juga, China pasalnya menghentikan persetujuan video gim baru yang berlangsung selama 9 bulan lamanya. Dan ini menyebabkan pukulan yang besar bagi industri gim video. Beberapa perusahaan video game terbesar akhirnya menanggapi secara proaktif. Namun penegakan dan juga verifikasi umur tetap lah menjadi kekhawatiran mereka.

Salah satu perusahaan gim terbesar, menjawab dengan membatasi waktu bermainnya sampai dengan 1 jam per hari untuk anak-anak usia 12 tahun ke bawah. Kemudian mereka membatasi 2 jam per hari untuk pengguna yang berusia 12-18 tahun.

Mereka juga mulai mensyaratkan pengguna supaya membuktikan usia dengan menggunakan dokumenĀ toto togel terpercaya yang dikeluarkan oleh negara. Akan tetapi panduan ini baru akan diberlakukan untuk seluruh platform gim daring yang mana beroperasi di China dan akan langsung mendorong perusahaan untuk mematuhinya.

Regulator gim pasalnya akan bekerja sama dengan aparat penegak hukum guna membangun sebuah sistem identifikasi yang terpadu yang mana bisa dipakai oleh platform gim untuk memverifikasi identitas dan juga usia penggunanya, begitu lah ungkap juru bicara regulator dilansir dari BBC Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.